Tuesday, October 5, 2010

ADP? ekonomi ato sosial..

ADP?
Isu akan adanya pemisahan fakultas ilmu sosial dan ekonomi menjadi dua fakultas dalam waktu dekat ini akhirnya terjawab juga setelah adanya kepastian dari pihak dekanat fise yang menyatakan SK rektor untuk fakultas ekonomi akan segera turun pada awal januari 2011 nanti. Pemisahan fakultas ilmu social dan fakultas ekonomi ini Nampak seakin jelas dengan adanya pembangunan dan renofasi gedung yang diproyeksikan akan digunakan sebagai ruang kuliah untuk fakultas ekonomi nantinya. Beberapa jurusan/program studi seperti Pend. Ekonomi, Pend. Akuntansi, Akuntansi, dan Ilmu manajemen sudah mendapat penjelasan mengenai kepindahannya ke fakultas ekonomi.
Satu program study yang masih menjadi polemik baik di kalangan mahasiswa prodi tersebut adalah kejelasan tentang prodi pendidikan administrasi perkantoran yang secara keilmuan merupakan bagian dari pendidikan dunia usaha yang nantinya diharapkan sebagai guru atau pengajar di SMK yang notabene erat kaitannya dengan ekonomi dan wirausaha.
Adanya survey yang pernah dilakukan oleh HIMA ADP beberapa waktu lalu memperlihatkan keinginan mahasiswa ADP yang menginginkan ADP bergabung dengan Fakultas Ekonomi dengan mahasiswa yang masih ingin bergabung dengan Fakultas ilmu social relative seimbang, dengan selisih 1% lebih banyak yang menginginkan ADP bergabung dengan Fakultas Ekonomi. Sementara itu, Bp. Sudaryanto, M.Si selaku Ketua Jurusan ketika ditemui di kantornya beberapa waktu yang lalu menyatakan ADP akan tetap berada di Fakultas Ilmu sosial.
Jika kita melihat universitas lain yang mempunyai prodi sama yaitu Pendidikan Administrasi Perkantoran (P.ADP) seperti yang ada di Universitas Negeri Semarang (UNS), Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Universitas Negeri Makasar(UNM), Universitas Negeri Surabaya (UBAYA), Universitas Negeri Malang (UM), Universitas Negeri Padang (UNP) , Universitas Airlangga (UNAIR), Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) menempatkan ADP dibawah Fakultas Ekonomi FE.
Sementara itu ada juga universitas seperti Universtas Negeri Gorontalo (UNG) yang menempatkan ADP pada Fakultas Ilmu Sosial serta UNDIP yang menempatkan Administrasi bisnis pada fakultas ilmu sosial dan politik.
Mungkin penempatan prodi kita ADP di Fakultas Ilmu Sosial mempunyai pertimbangan tertentu oleh jurusan dan dosen-dosen kita, itulah yang harus kita ketahui sebagai seorang mahasiswa yang kritis.
-Her, Adi-

0 komentar:

Post a Comment